Home > Programming > Program untuk Perhitungan Balok dengan Java

Program untuk Perhitungan Balok dengan Java


Dalam beberapa artikel sebelumnya telah dibahas implementasi perhitungan matematika dengan java. Pada artikel ini pula akan membahas hal tersebut kembali tetapi untuk perhitungan pada balok. Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang diantaranya berukuran berbeda. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus. Beberapa perhitungan yang akan diimplementasikan di sini adalah perhitungan luas permukaan, keliling, panjang diagonal ruang, dan volume balok tersebut.

Sourcodenya dapat diimplementasikan sebagai berikut :

import javax.swing.*;
/**
 *
 * @author Goes Redy
 */
public class Balok {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Program untuk perhitungan balok :");
        String panjang = "";
        panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan panjangnya : ");
        int p=Integer.parseInt(panjang);
        String lebar = "";
        lebar = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan lebarnya : ");
        int l=Integer.parseInt(lebar);
        String tinggi = "";
        tinggi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan tingginya : ");
        int t=Integer.parseInt(tinggi);
        double dr = Math.sqrt((p*p)+(l*l)+(t*t));
        System.out.println ("Panjang = "+(p)+", Lebar = "+(l)+", Tinggi = "+(t));
        System.out.println ("Kelilingnya = "+((p*4)+(l*4)+(t*4)));
        System.out.println ("Luas permukaannya = "+(((p*l)+(p*t)+(l*t))*2));
        System.out.println ("Panjang diagonal ruangnya = "+dr);
        System.out.println ("Volumenya = "+(p*l*t));
    }
}

Penjelasan :

Seperti dapat dilihat di atas, terdapat juga permintaan input seperti kode – kode sebelumnya. Tidak ada hal yang begitu menyulitkan kelihatannya karena hanya tinggal mengali – ngalikan saja, kecuali pada pencarian panjang diagonal ruang yaitu dr = Math.sqrt((p*p)+(l*l)+(t*t)); yang memakai pengakaran karena memakai teorema Phitagoras untuk mencarinya.

Hasil :

Categories: Programming Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: